Minggu, 16 Oktober 2011

Palajari Sebelum Bertindak

Membuat sesuatu yg menarik bagi orang lain ternyata cukup sulit. Hal ini disebabkan perbedaan karakter pada diri setiap orang yg membuat tidak semua orang mau menerima sesuatu yg kita buat. Baik itu berupa ide, gagasan, hasil karya, dll.

Terkadang orang lain mungkin saja bisa menerima sesuatu yg kita buat tersebut, namun bukan berarti mereka bisa menganggap hal itu menarik bagi mereka. Butuh pemikiran yg benar2 matang serta peninjauan terlebih dahulu terhadap orang2 yg kita jadikan target untuk menerima sesuatu yg kita buat tersebut. Bagaimanakah karakteristik mereka, apakah yg sebenarnya mereka inginkan, apa yg menjadi keinginan serta tujuan dari orang2 tersebut. Barulah kita mulai menyusun segala sesuatunya agar apa yg kita buat untuk mereka benar2 bisa mereka terima dan membuat mereka tertarik.

Dalam berbagai kasus biasanya orang2 yg membuat sesuatu dengan tujuan membuat orang lain tertarik, sedikit melupakan aspek yg telah saya sebutkan diatas, maka dari itu terkadang apa yg mereka buat kurang atau bahkan tidak diterima oleh orang2 yg dia tuju tersebut. Akhirnya, semua konsep yg telah dikerjakan demi menghasilkan sesuatu buat orang lain tersebut hanya mencair begitu saja tanpa meninggalkan sedikit pun sisa dari tujuan yg telah dibuat sebelumnya.

Untuk itu kita harus terlebih dahulu mempelajari hal2 yg telah disebutkan di atas, agar kita dapat mencapai hasil yg setidaknya bagus atas apa yg telah kita kerjakan untuk orang lain. Apalagi jika tujuannya adalah demi menyatukan visi dan misi yg melibatkan banyak orang. Agar visi dan misi bisa dijalankan dengan baik hingga mencapai suatu tujuan yg benar2 sesuai dengan tujuan awal. Dan hal yg terpenting adalah agar tidak ada kerugian  baik materi maupun yg bersifat inmateri sedikit pun yg kita alami nantinya.

By : Ardie Haji Ayub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar