Sabtu, 05 November 2011

Mari Berkurban

Allahuakhbar... Allahuakhbar... Allahuakhbar
Allahuakhbar Walillahilhamdu....

Gema Takbir Berkumandang di Malam Iedul Adha 1432 H ini. Seluruh umat muslim di dunia bersiap menyambut hari raya.. Hari yg jg dikenal sebagai Iedul Qurban. Karena di hari raya inilah semua umat muslim yg mampu secara materi diperintahkan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk berqurban.

Mengingat peristiwa yg dialami Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, ketika Allah SWT menyuruh beliau utk menyembelih anaknya melalui petunjuk yg Ia dapatkan lewat mimpi. Dan sebagai seorang yg teruji keimanannya maka Nabi Ibrahim dengan persetujuan Nabi Ismail tentunya, melaksanakan Perintah Allah SWT tersebut. Berbagai kodaan yg dilakukan Iblis pun tidak mampu meruntuhkan keimanan keduanya, sehingga akhirnya Allah SWT menukarkan tubuh Ismail dengan seekor Gibas/Domba. Maka, Rasulullah menganjurkan kepada umat Muslim utk berkurban agar bisa mengambil hikmah yg terjadi dalam peristiwa Nabi Ibrahim tersebut sebagai bentuk Keimanan kita kepada Allah SWT. Dan berdasar apa yg pernah dialami Keluarga Nabi Ibrahim pula,maka di perayaan Iedul Adha inilah muslim di seluruh dunia berkumpul di Masjidil Haram utk melakukan Ibadah Haji.

Di zaman sekarang ini makna Berqurban di hari raya Iedul Adha ini lebih diartikan agar sebagian muslim yg mampu secara materi bisa sedikit berbagi dengan sesama yg memang kurang mampu. Dimana hasil dari daging Qurban tersebut dikelola dengan baik agar dapat dibagikan kepada orang2 yg memang pantas menerimanya.

Sedikit hal yg kini menjadi sorotan adalah, pengelolaan daging qurban yg terkesan kurang baik dan terkesan tebang pilih menjadi hal yg perlu dibenahi. terutama yg terjadi di negri kita tercinta ini, Indonesia. hal ini menyebabkan tidak meratanya pembagian daging qurban hingga kerap menimbulkan kericuhan.

Ternyata,bukan cma birokrasi pemerintahan yg semrawut. keburukan birokrasi di Indonesia jg menurun sampai kepada kegiatan agama seperti ini. untuk itu kita patut membenahi, karena kalau bukan kita ya sapa lagi. Marilah kita berkurban, Dan dengan berkurban kita tunjukan kepedulian terhadap sesama secara ikhlas serta tanpa birokrasi yg rumit. dan mudah2an negri ini segera di berikan pencerahan yg mampu merubah semua keadaan buruk ini. Amin

Selamat Iedul Adha 1432 H...

By : Ardie Haji Ayub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar