Kamis, 14 Maret 2013

Antiklimaks Perjuangan FC Internazionale

Performa bagus ditunjukan FC Internazionale saat menjamu Tottenham Hotspurs di Stadion Giussepe Meazza dalam Leg kedua Babak 16 Besar Europa Leage. Harus mengejar defisit 3 gol setelah menelan kekalahan 3-0 pada Leg pertama yang berlangsung di Stadion White Hart Lane sebelumnya, Inter mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Namun, baru pada menit ke 20 Inter baru bisa mencetak gol melalui sundulan Antonio Cassano memanfaatkan umpan silang Rodrigo Palacio.

Spurs bukan tanpa peluang, dan salah satunya didapat oleh Gylfi Sigurdson namun penampilan cemerlang Samir Handanovic mempu menggagalkan peluang tersebut. Di penghujung babak pertama, Inter hampir saja menambah gol. Sayang, tendangan melengkung Palacio hanya membentur mistar gawang.

Di babak kedua, Inter yang masih harus mengejar defisit minimal 2 gol lagi kembali mengambil inisiatif serangan. Dan akhirnya pada menit ke 52 Palacio berhasil mencetak gol setelah lebih cepat menyambar bola sebelum Brad Friedle menutup ruang tembaknya.

Kedudukan 2-0 semakin membuat anak- anak Nerrazzuri lebih bersemangat, dan pada menit ke 75 Inter pun mampu menambah gol melalui tendangan bebas Cassano yang menghasilkan sklimit di depan gawang sehingga William Gallas salah dalam antisipasi dan menyebabkan bola masuk ke gawang. Hasil ini pun menjadikan agregat menjadi 3-3 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan Inter yang diyakini akan benar- benar membuat kejutan pada pertandingan ini lagi- lagi mengambil inisiatif serangan. Sayang, sebuah peluang emas yang didapatkan Esteban Cambiasso saat hanya tinggal berhadapan dengan Friedle terbuang sia- sia karena tendangannya melebar.

Dan petaka pun menghampiri Inter di paruh kedua babak tambahan ketika tembakan keras Moussa Dembele dari sisi kotak pinalty berhasil ditepis Handanovic, namun Emanuel Adebayor langsung memanfaatkan bola rebound memanfaatkan gawang kosong dan kedudukan berubah menjadi 3-1 atau agregat 3-4 untuk keunggulan Spurs.

Andrea Stramaccioni coba memasukan Andrea Ranocchia untuk menambah daya gempur mereka. Dan terbukti 10 menit jelang laga tambahan usai Inter mampu kembali mencuri gol melalui sundulan Ricardo Alvarez. Agregat pun menjadi 4-4, namun Spurs masih unggul gol tandang.

Hingga pertandingan berakhir, Inter tidak mampu menambah gol dan kedudukan tetap 4-1 untuk kemenangan Inter namun dengan agregat 4-4 dan Tonttenham Hotspurs pun lolos ke babak perempatfinal lewat keunggulan gol tandang. Tapi, seperti Arsenal di Liga Champions, FC Internazionale pun tetap mampu berdiri dengan kepala tegak.

Sementara itu, dengan lolosnya Tottenham Hotspurs maka Tim Inggris masih mempunyai 3 wakilnya di perempat final Europa League mengingat Chelsea yang berhasil memetik kemenangan 3-1 (agregat 3-2) atas Steau Bucharesti serta Newcastle yang menang 1-0 (agregat 1-0) atas Anzi Machachkala. Tim Italia tertolong oleh Lazio yang lolos dengan sangat meyakinkan setelah menang 3-1 (agregat 5-1) atas Vfb Stuttgart di Stadion Olimpyco.


By : Arif "Mimin" Hardiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar